Cara Meredakan Sakit Kepala Akibat Kambuhnya Hipertensi


Sakit kepala bukan sekedar berlangsung sebab kurang tidur. Hipertensi, alias tekanan darah tinggi dapat juga membuat Anda sakit kepala. Waktu kepala berdenyut serta ngilu, coba untuk beristirahat sesaat dari semua kegiatan. Supaya cepat sembuh, lihat cara-cara menangani sakit kepala karena hipertensi di bawah ini. 

Langkah menangani sakit kepala karena hipertensi 

Waktu desakan dalam darah tinggi sekali, desakan pada kepala akan melompat naik sampai ke tingkat kritis. Desakan yang besar itu selanjutnya menyebabkan sakit kepala pada seorang yang mempunyai penyakit hipertensi. 

Sebetulnya, sakit kepala bukan adalah tanda-tanda dari tekanan darah tinggi. Sakit kepala yang ada waktu Anda mempunyai hipertensi, mengisyaratkan jika Anda sudah menanggung derita hipertensi maligna atau kritis tekanan darah tinggi. 

Sakit kepala yang dibuat ini juga diadukan berlainan dengan migrain atau type sakit kepala yang lain. Umumnya menyerang dua bagian kepala sekaligus juga. 

Supaya terlepas dari keadaan ini, turuti beberapa panduan tersebut untuk menangani sakit kepala karena hipertensi. 

1. Minum obat yang diresepkan dokter 

Langkah cepat serta paling direferensikan untuk menangani sakit kepala karena hipertensi ialah minum obat. Tetapi, obat sakit kepala biasa, seperti aspirin, mungkin tidak mempan untuk meredakannya. 

Tidak hanya pereda ngilu, Anda pun harus minum obat yang diresepkan dokter untuk turunkan tekanan darah. Obat yang umumnya dipakai, diantaranya nicardipine, labetalol, nitrogliserin, serta sodium nitroprusside. Obat itu adalah kelompok obat intravena, yaitu diberi lewat suntikan, infus pompa, atau infus tetes. 

Jika sakit kepala ini berlangsung, penting tidak untuk coba penyembuhan sendiri di dalam rumah. Masalahnyaturunkan tekanan darah dalam sekejap bisa merubah saluran darah ke otak serta mengakibatkan resikonya yang membahayakan. 

Jadi, semakin lebih baik bila menangani sakit kepala karena hipertensi diatasi langsung oleh dokter atau pakar medis. Tanyakan dengan dokter Anda tentang perlakuan yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah bila setiap saat sakit kepala kembali menyerang. 

2. Jauhi penyebab naiknya tekanan darah 

Waktu sakit kepala berlangsung, hentikan semua pekerjaan yang Anda kerjakan. Sakit kepala dapat makin bertambah jelek bila Anda masih bergelut dengan kegiatan. 

Sebelum pergi ke dokter, coba untuk cari tempat yang tenang serta redup sinar untuk menentramkan diri. Selanjutnya, mintalah orang paling dekat untuk bawa Anda ke dokter. 

Walau menangani sakit kepala sebab hipertensi dapat dengan memakai obat dokter, kenyataannya Anda butuh lakukan rekonsilasi pola hidup juga. Hindarilah beberapa hal yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah. Contohnya, kurangi konsumsi cafein yang umumnya ada di kopi, minuman soda, atau minuman tambah energi. 

Dikutip dari situs Mayo Clinic, cafein punya potensi tingkatkan tekanan darah, khususnya buat orang yang jarang-jarang mengkonsumsinya. Diluar itu, pilihan makanan harus juga dilihat, khususnya makanan yang memiliki kandungan natrium (garam). 

Kurangi pemakaian garam bisa turunkan tekanan darah seputar 5-6 mmHg pada pasien hipertensi. Anda dapat memakai bumbu atau rempah-rempah lain jadi alternatif garam untuk meningkatkan rasa makanan. 

3. Aplikasikan pola hidup sehat 

Aplikasi hidup sehat jadi kunci untuk menangani sekaligus juga menahan sakit kepala karena hipertensi. Anda butuh kurangi mengonsumsi alkohol serta hentikan rutinitas merokok. Selanjutnya, awalilah untuk olahraga dengan teratur, contohnya 30 menit tiap hari dalam satu minggu. 

Kegiatan yang sehat ini bisa turunkan tekanan darah seputar 5-8 mmHg pada pasien hipertensi. Diluar itu, kegiatan fisik ini dapat juga mengatur berat tubuh serta melakukan perbaikan mood (situasi hati) hingga jauh dari depresi. 

Karena, depresi menyebabkan tekanan darah naik. Anda dapat coba olahraga mudah, seperti jalan enjoy, jogging, brisk walking (jalan cepat), bersepeda, atau berenang.

Posting Komentar

0 Komentar