Begini Cara Lebih Sehat Membuat Mie Ayam


Selintas, beberapa bahan dalam mie ayam terlihat memiliki kandungan nutrisi yang bermacam. Ada karbohidrat dari mi, protein dari ayam, lemak dari kaldu ayam, dan vitamin dari sawi hijau. Meskipun begitu, mie ayam tetaplah makanan cepat saji yang tidak seutuhnya sehat. 

Lalu, apa ada langkah untuk bikin makanan ini jadi lebih sehatkan? 

Panduan membuat mie ayam sehat 

Satu bagian mie ayam memiliki kandungan hampir 500 kalori, atau kurang lebih sama dengan 25% keperluan daya dalam satu hari. Sajian ini banyak terkandung lemak jemu serta natrium hingga tidak bisa sering dikonsumsi. 

Tetapi, Anda yang menyukai sajian ini tidak butuh berkecil hati. Berikut beberapa panduan untuk bikin mie ayam yang lebih sehat: 

1. Memakai mi rendah kalori 

Satu diantara sumber kalori paling besar pada mie ayam berasal berbahan dasarnya, yaitu mi tepung. Sekitar seratus gr mi polos memiliki kandungan 88 kalori, sesaat satu bagian mie ayam dapat memiliki kandungan lebih dari seratus gr mie. 

Jadi jalan keluarnya, Anda bisa membuat mie ayam yang lebih sehat dengan ganti mi teoung dengan bahan rendah kalori. seperti shirataki. Mi shirataki dibikin dari glucomannan, yaitu semacam serat dari tanaman konjak yang popular di Jepang serta Tiongkok. 

Kalori pada mi shirataki tambah lebih rendah dibanding mi tepung. Tiap 1 gr glucomannan memiliki kandungan 1 kalori, serta seratus gr mi shirataki memiliki kandungan 3 gr glucomannan. Berarti, 100 gr mi shirataki cuma memiliki kandungan seputar 3 kalori. 

2. Pilih dada ayam tanpa ada kulit jadi topping 

Sejumlah besar lemak pada ayam datang dari sisi kulitnya. Mi ayam yang di jual umumnya turut mengikutkan kulit ayam supaya meningkatkan cita rasa gurih. Nah, supaya anda dapat melahap mie ayam yang lebih sehat, coba membuat sendiri dengan dada ayam tanpa ada kulit jadi topping-nya. Dada ayam ialah sumber vitamin dan protein dengan kandungan lemak yang rendah. 

Untuk bikin topping mie ayam yang sehat, batasi juga pemakaian kecap manis, garam, serta penguat rasa. Jangan memakai beberapa bahan ini terlalu berlebih supaya kandungan natrium pada mie ayam tidak tinggi. 

3. Memberikan tambahan sayuran 

Bahan lain yang tidak bisa terlewati dari mie ayam ialah sayuran. Umumnya, mie ayam diperlengkapi dengan sayuran berbentuk sawi hijau. Sayuran ini di rebus sesaat di air rebusan bersama dengan mie supaya teksturnya masih renyah saat dikonsumsi. 

Anda dapat membuat mie ayam yang lebih sehat dengan memberikan tambahan type sayuran lain yang seperti dengan sawi hijau. Misalnya bayam, kol, atau bok choy. Bila ada, Anda dapat memakai kale atau daun bit. 

4. Membuat kaldu ayam sendiri 

Mie ayam tidak komplet tanpa ada kuah kaldu. Kaldu ayam umumnya dibikin dengan merebus daging ayam, tulang ayam, bawang putih, daun bawang, garam, serta merica. Tidak hanya dipakai jadi kuah, kaldu ayam jadi sisi dari bumbu basic mie ayam. 

Sekarang, kaldu mie ayam dapat dibikin dengan praktis dengan merebus kaldu bubuk instant. Tetapi, kaldu bubuk instant tidak seperti kaldu yang Anda bikin sendiri. Kaldu ini sudah melalui banyak proses yang dapat merubah mutunya. 

Anda bisa membuat mie ayam yang sehat dengan pilih bahan alami rendah kalori, lemak, serta natrium. Janganlah lupa memberikan tambahan sayur-sayuran jadi sumber mineral dan vitamin. 

Mie ayam bikinan sendiri memang lezat serta sehatkan, tetapi yakinkan Anda tidak mengkonsumsinya terlalu berlebih. Masih imbangi konsumsi makanan Anda dengan bahan makanan yang beragam dan bergizi imbang.

Posting Komentar

0 Komentar