Begini Merawat Telinga Agar Aman Dari Keseringan Memakai Headset


Pemakaian headset dalam periode panjang beresiko memunculkan beberapa permasalahan kesehatan pendengaran. Satu diantara permasalahan yang seringkali berlangsung ialah infeksi telinga. Ini benar-benar disayangkan, karena infeksi telinga karena menggunakan headset sebetulnya bisa dihindari jika tahu langkah menjaga telinga yang pas. 

Tanpa ada Anda sadari, headset jadi tempat berkembang biak buat beberapa ratus ribu bakteri. Waktu menggunakan headset, bakteri yang melekat disana bisa beralih ke telinga serta mengakibatkan infeksi. 

Infeksi berkelanjutan dapat menyebabkan komplikasi berbentuk kehancuran telinga permanen. 

Untuk mencegahnya, Anda butuh tahu langkah yang pas menjaga serta memperhatikan kesehatan telinga jika seringkali memakai headset. Tersebut deretan panduan untuk Anda: 

1. Bersihkan telinga dengan teratur 

Headset bisa menghalangi keluarnya kotoran telinga. Makin lama, kotoran telinga bisa menumpuk serta jadi penyebab infeksi. Berikut penyebabnya beberapa orang yang seringkali menggunakan headset harus menjaga telinga dengan teratur. 

Membersihkan sisi luar telinga dengan cotton bud atau lap basah. Jangan masukkan cotton bud ke telinga sebab bisa menggerakkan kotoran masuk lebih dalam. Untuk keluarkan kotoran, pakai obat tetes atau baby oil dulu supaya kotoran melunak. 

2. Jangan terlalu berlebih memakai headset 

Memakai headset kelamaan bisa tingkatkan efek infeksi telinga. Selain itu, menyetel volume headset begitu keras dapat menyebabkan kehancuran pendengaran dengan permanen. 

Orang yang seringkali menggunakan headset sering lupa batasi pemakaiannya, walau sebenarnya ini adalah langkah menjaga telinga yang tidak kalah penting dari bersihkan telinga Anda. 

Untuk ini, dokter menyarakan ketentuan 60 %/60 menit, yang bermakna: 

  • Mengatur volume maximum supaya tidak melewati 60%. 
  • Batasi waktu pemakaian headset sepanjang 60 menit. 

3. Bersihkan headset satu minggu sekali 

Tidak cuma jaga kebersihan telinga, Anda pun harus bersihkan headset yang Anda pakai. Ini mempunyai tujuan untuk menahan bakteri berkembang biak pada headset. 

Langkah bersihkan headset cukup gampang. Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan berbentuk air hangat yang sudah ditetesi sabun bersihkan, sikat gigi baru yang belum digunakan, dan lap kering. Selanjutnya, turuti langkah tersebut: 
  • Bila Anda memakai headset dengan silikon, bebaskan silikon lebih dulu. 
  • Rendam silikon di air sabun sepanjang beberapa waktu, lalu angkat serta keringkan dengan lap kering. 
  • Pakai sikat gigi untuk bersihkan sisi headset yang tidak bisa terserang air. Anda langsung bisa lakukan step ini bila tidak memakai headset bersilikon. 

4. Menghindari headset dari paparan kuman 

Tanpa ada sadar, Anda barangkali sempat meminjamkan headset pada orang lain atau menempatkan headset di sembarangan tempat. Untuk menjaga serta memperhatikan kesehatan telinga, Anda yang seringkali menggunakan headset harus menjauhi rutinitas ini. 

Rutinitas ini bisa memudahkan perpindahan bakteri dari telinga orang lain, headset mereka, dan sekitar lingkungan ke telinga Anda. Sebisa mungkin, taruhlah headset Anda dalam tempat yang bersih serta jangan dibiarkan orang lain memakainya. 

Buat pemakai headset, memperhatikan kesehatan telinga tidak cuma masalah bersihkan telinga dari kotoran. Anda pun harus tahu batasan pemakaian headset, langkah bersihkan headset, serta melindunginya dari paparan kuman. 

Headset memang menolong Anda nikmati musik, video, dan video games tanpa ada mengganggu orang lain. Tetapi, piranti ini mempunyai efek tertentu pada kesehatan. Pakailah headset dengan bijak untuk menghindarkan efek itu.

Posting Komentar

0 Komentar