3 Jenis Asteroid yang Membahayakan Bumi

3-Jenis-Asteroid-yang-Membahayakan-Bumi

Para peneliti sedang melakukan penelitian terhadap asteroid yang membahayakan bumi untuk mengetahui berapa banyak dan apa saja asteroid yang berpotensi membahayakan. Dari penelitian tersebut tercatat ada hampir 2000 asteroid yang berpotensi membahayakan bumi. Apa sajakah itu? 

Apa Saja Asteroid yang Membahayakan Bumi 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, saat ini tercatat ada lebih dari 2000 asteroid disebut bisa membahayakan bumi. Dari 2000 asteroid tersebut, 300 diantaranya adalah asteroid pelintas di orbit bumi. Selain itu, masih ada lebih dari 10.000 asteroid lainnya yang juga sudahdiketahui orbitnya. 

Tak hanya itu saja para ilmuwan ini juga sudah memberikan nomor serta mengidentifikasi nama-namanya. Asteroid-asteroid ini disebut membahayakan salah satunya adalah karena jaraknya terlalu dekat dengan bumi. Nah, berikut ini adalah beberapa asteroid yang membahayakan bumi tersebut. 

1. Apollo dan Aten 

Berdasarkan penjelasan salah satu dosen dan juga ilmuwan yang meneliti tentang asteroid, sebagaimana yang dikutip oleh harapanrakyat.com, ada 3 asteroid yang diklaim bisa membahayakan bumi. Salah satunya adalah asteroid Apollo dan Aten. Keduanya berada pada jarak yang dekat dengan bumi. 

Apollo dan Aten disebut membahayakan karena selain jaraknya yang dekat dengan bumi, dikatakan asteroid ini juga memiliki orbit dimana orbit tersebut ternyata memotong orbit bumi. Bahkan dikatakan jika Apollo memiliki sumbu semi mayor lebih besar dari bumi. 

Informasi lain yang terungkap tentang asteroid ini adalah bahwa ternyata asteroid Apollo ini menghabiskan waktunya dengan berada di luar jalur bumi. Karena alasan tersebutlah dikatakan Apollo ini berbahaya bagi bumi. 

Sedangkan Aten juga dikatakan berbahaya bagi bumi karena sama-sama memiliki orbit yang memotong orbit milik bumi. Namun bedanya, sumbu mayor asteroid Aten ini lebih kecil dasi sumbu mayor bumi. Karena itulah Aten sering ditemukan di orbit bumi. 

NASA juga telah melakukan pengawasan pada sebuah asteroid Apollo bernama 481394 2006 SF6. Asteroid ini memiliki diameter 650m dan tinggi kurang lebih 1.300 m. Sedangkan kecepatannya bisa mencapai 18.000 mil per jam. 

Berdasarkan pengawasan tersebut diprediksi bahwa asteroid ini akan mendekat dan bahkan memiliki jarak terdekat dengan planet bumi pada tanggal 21 November 2019. Namun meskipun begitu, sejauh ini belum ada peringatan bahaya dari pihak NASA. 

2. Atira 

Jenis asteroid yang membahayakan bumi selanjutnya bernama Atira. Asteroid ini tercatat memiliki orbit yang berada di dalam bumi. Hal ini tentu sangat berbeda dengan asteroid Apollo yang orbitnya memotong orbit bumi. 

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, hingga Juli 2019 sudah ditemukan sebanyak 20 buah asteroid Atira. 17 diantara 20 asteroid tersebut dikatakan memiliki penentuan orbit yang sangat kuat. Bahkan 6 diantara 20 tersebut terhitung berada pada presisi yang cukup pula. 

Setiap asteroid yang berada dekat dengan bumi memang selalu diawasi. Tujuannya tak lain sebagai salah satu bentuk kewaspadaan terhadap segala ancaman yang mungkin membahayakan bumi. 

3. Asteroid Amor 

Jenis asteroid yang membahayakan bumi selanjutnya bernama Amor. Berbeda dengan jenis-jenis asteroid lainnya, asteroid ini tidak memiliki orbit memotong maupun berada di dalam bumi. Orbitnya justru berada memotong orbit Planet Mars. 

Orbit Amor sendiri sebenarnya cukup dekat dengan bumi namun tak sampai melintasinya. Ada salah satu asteroid Amor yang cukup populer, yaitu 433 Eros. Asteroid ini merupakan asteroid pertama yang diorbit oleh wahana buatan manusia serta asteroid pertama pula yang didarati. 

Pada dasarnya setiap asteroid yang diklaim berbahaya bagi bumi sudah diukur berdasarkan metode penghitungan tertentu. Dijelaskan bahwa asteroid apapun yang berpotensi berbahaya bagi bumi adalah asteroid yang berjarak kurang lebih 7.480.000km dari bumi. MOIDnya pun harus lebih dari atau sama dengan 0.05 baru bisa dikatakan berbahaya. 

Tak hanya itu, asteroid dikatakan berbahaya bagi bumi jika magnitudo absolutnya bernilai <22.0. Diameter ukurannya juga harus dipertimbangkan dengan diameter minimal 150 meter. Jika melihat dari tolak ukur tersebut, setidaknya ada 1.773 asteroid yang dikatakan bisa membahayakan bumi. 

Meskipun demikian, belum ada asteroid yang menjadi ancaman serius bagi bumi. Namun pemantauan tetap dilakukan pada asteroid yang membahayakan bumi maupun yang berpotensi membahayakan karena sewaktu-waktu asteroid tersebut juga bisa menjadi ancaman serius bagi kehidupan di bumi. 

Posting Komentar

0 Komentar