Waspadai Penyebab Penyakit Asam Lambung

Sumber gambar: alodokter.com
Penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esophageal sphincter atau LES. Pada penderita GERD, otot LES melemah sehingga menimbulkan tidak dapat menutup, akibatnya isi lambung dan asam lambun naik kekerongkongan. 

Otot bagian bawah kerongkongan ini berbentuk seperti cincin yang dpat membuka atau menutup saluran kerongkongan. pada saat makan , otot LES akan mengendur sehingga makanan dapat masuk dari kerongkongan ke dalam lambung , otot LES akan menegang dan menutup.

Dilansir dari Alodokter ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan otot LES melemah , yaitu : kehamilan, usia lanjut, obesitas, gastroparesis yaitu melemahnya otot dinding lambung sehingga pengosongan lambung melambat, scleroerma yaitu atau penyakit pada bagian jaringan ikat, dan hernia hiatus yaitu masuknya bagian lambung ke rongga dada.

Penyakit asam lambung ini juga terjadi pada bayi , asam lambung naik atau refluks asam lambung biasnaya akan terjadi dikarenakan otot LES masih dalam pertumbuhan sehingga dapat sembuh sendiri seiring pertumbuhan anak .

Gejala asam lambung naik pada saat bayi seperti mengalami gumoh atau sendawa setelah menyusu atau makan , ini perlu diwaspadai jika gejala tak kunjung menghilang bayi setelah usia 1 tahun.

Gejala lambung ini akan muncul minimal 2 kali dalam seminggu dan penyakit ini menimbulkan rasa terbakar didada akibat asam lambung naik kekerongkongan, gejala penyakit ini sering diduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung coroner, karena gejalanya yang hampur mirip dengan nyeri dada.

Walaupun sebenarnya keduanya tidak sama dan penyakit asam lambung tidak mematikan seperti serangan jantung dan penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi. komplikasi yang dimaksud adalah apabila penanganan penyakit asam lambung yang tidak tuntas dapat menimbulkan komplikasi berupa peradangan tersebut dapat menyebabkan munculnya luka hingga jaingan parut dikerokongan sehingga penderita jadi sulit untuk menelan.

Penyakit asam lambung mempunyai resiko oebsitas, berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan pola makan yang sehat guna menurunkan berat badan dan ibu hamil yang juga sedang mengalami asam lambung naik dengan berkonsultasi ke dokter kandungan . dengan mengosumsi makanan dalam jumlah banyak, makanan yang sulit cerna atau makanan yang meningkatkan produksi asam lambung seperti makanan yang berlemak , pedas dan asam . dilansir dari alodokter selain rasa asam dibelakang mulut dan heartburn.

Penyakit asam lambung atau GERD yang ditandai dengan perasaan ada yang mengganjal dikerongkongan terutama saat menelan, bau mulut atau halitosis  batuk kronis tanpa dahak atau terutama dimalam hari, mual dan muntah, sakit tenggorokan yang tidak kunjung hilang dan sakit saat menelan dan seeirng bersendawa dan suara menajdi serak.

Gejala penyakit asam lambung ini naik atau refluks asam lambung lebih sering terjadi dimalam hari sehingga menimbulkan gangguan tidur, itulah mengapa kita sudah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit asam lambung, dan apa saja gejala gejala atau tanda yang menunjukkan penyakit asam lambung.

Sekali lagi penyakit asam lambung dengan penyakit jantung coroner berbeda sangat berbeda jensi walaupun sama sama menimbulkan sensasi terbakar pada kerongkongan yang kita rasakan. 

Posting Komentar

0 Komentar